Proposal perawatan luka

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis ucapkan kepada kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, Karena dengan rahmat dan Karunia-Nyalah penulis dapat menjelaskan proposal pembuatan klinik ” Perawatan Luka“  yang akan segera saya bangun.
Proposal ini saya buat untuk menggambarkan alasan dari saya membangun klinik” Perawatan Luka“ dan program-program yang akan saya buat dalam klinik ” Perawatan Luka“. Dengan adanya proposal ini saya berharap supaya anda sekalian dapat memberi masukan terhadap pembangun klinik” Perawatan Luka“. Sehingga pada akhirnya pembangunan klinik ini dapat terlaksana.
Karena adanya keterbatasan pengetahuan-pengetahuan dan saya menyadari bahwa dalam proposal ini terdapat banyak kekurangan, Oleh karena itu saya menerima kritik dan saran demi kesempurnaan pembangunan klinik saya. Harapan saya, semoga dengan adanya proposal ini saudara-saudari dapat membantu dan mendukung saya dalam mewujudkan yang kita harapkan selama ini.



Palembang 04 Januari 2016

Penulis


DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR....................................................................................................ii
DAFTAR ISI.................................................................................................................iii
BAB I PENDAHULUAN ..............................................................................................1
1.1 LATAR BELAKANG .............................................................................................1
1.2 DASAR PEMIKIRAN .............................................................................................1
1.3 TUJUAN KEGIATAN ............................................................................................1
BAB II METODE PELAKSANAAN ...........................................................................2
2.1 TEMPAT PELAYANAN ........................................................................................2
2.2 PROSES PELAYANAN .........................................................................................2
2.3 PEMASARAN .........................................................................................................2
BAB III ASPEK PENDUKUNG ..................................................................................3
3.1 (ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN ) PRODUK / JASA YANG DIHASILKAN................. ...............................................................................................................3
BAB IV RENCANA BIAYA........................................................................................5
4.1 RENCANA BIAYA USAHA.................................................................................5
4.2 RANCANGAN PENGEMBANGAN.....................................................................7
4.3 TARIF......................................................................................................................8
BAB V PENUTUP........................................................................................................9

 



BAB I

PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG

Luka adalah rusaknya kesatuan atau komponen jaringan, dimana secara spesifik terdapat substansi jaringan yang rusak. Untuk itu diperlukan suatu lembaga atau balai yang bisa menangani pelayanan di bidang perawatan luka.
Saat ini masih masyarakat menghadapi banyak permasalahan di bidang luka dari mulai luka yang ringan hingga luka yang serius. Masyarakat di daerah inipun juga sadar akan pentingnya perawatan luka itu sehingga memerlukan tempat pelayanan perawatan luka, namun sayangnya di daerah ini belum terdapat tempat pelayanan perawatan luka yang mudah di jangkau. Apabila masyarakat ingin berobat lukanya warga harus menempuh jarak yang yang agak jauh dari tempat tinggal mereka. Jarak ini terkadang membuat warga menjadi acuh akan lukanya, jika lukanya sudah benar benar sakit yang tidak bisa mereka tahan lagi baru masyarakat pergi ke tempat pelayanan kesehatan.
Oleh karena itu saya ingin membangun suatu tempat perawatan luka yang lebih mudah dijangkau oleh warga sehingga warga dapat lebih mudah menjangkau tempat perawatan luka dan diharapkan warga dapat mencegah kemungkinan luka menjadi lebih parah . Tingkat kesehatan warga akan meningkat dan seiring dengan itu kesejahteraan juga akan meningkat pula.

1.2 DASAR PEMIKIRAN

Saat ini banyak kasus atau penyakit yang memerlukan perawatan luka sehingga mereka perlu perawatan secara kontinu yang mudah dijangkau, tingkat kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan mulai meningkat. Kami memiliki pengalaman dalam melakukan perawatan luka (medikasi)

1.3 TUJUAN KEGIATAN

Tujuan dari didirikannya usaha mandiri Jasa Perawatan luka ini adalah :
1. Untuk mensejahterakan kesehatan masyarakat sekitar.
2. Untuk menerapkan ilmu pengetahuan dalam bidang kesehatan.
3. Untuk menciptakan lapangan pekerjaan khususnya untuk tenaga medis.

BAB II

METODE PELAKSANAAN

2.1 TEMPAT PELAYANAN

Tempat pelayanan yang digunakan adalah bangunan milik sendiri yang terletak di RT 01 RW 01 Desa Berlian Jaya Kecamatan Tungkal Jaya Kabupaten Musi Banyuasin. Tempat pelayanan kami ini stategis dan mudah dijangkau dan diakses kendaraan pasien. Luas banguan yang disediakan adalah 6 m x 10 m, yang terdiri dari tiga ruangan. Ruangan I seluas 3 m x 4 m untuk tempat pendaftaran dan administrasi, ruangan II seluas 6 m x 7 m untuk tempat perawatan luka, dan 2 m x 3 m untuk tempat sterilisasi alat.

2.2 PROSES PELAYANAN

Proses pelayanan yang kami berikan, sebagai berikut :
1. Kontrak pasien dengan pihak Jasa perawatan luka, melalui
a.         On Call
b.        Kontrak langsung atau bertemu langsung di klinik jasa Perawatan Luka
2. Pelaksanaan
a.         Klinik
1. Melakukan registrasi di tempat pendaftaran
2. Melakukan perawatan luka
b. Perawatan luka
1. Mengunjungi tempat yang telah disepakati dengan pasien
2. Melakukan perawatan luka
3. Administrasi

2.3 PEMASARAN

Segmen jasa yang dibidik untuk sementara waktu 1 bulan ke depan adalah masyarakat sekitar klinik. Diperkirakan dengan jumlah penduduk 200 jiwa, 20% nya adalah pasien dengan kasus bedah maupun umum yang memerlukan perawatan luka secara kontinu. Maka akan ada sasaran bidik sejumlah 40 jiwa. Strategi pelayanan yang diberikan adalah kualitas pelayanan yang baik dengan 5 S ( Senyum, Sapa , Salam, Sopan, Santun ), sarana dan prasarana yang lengkap dan pelayanan yang memuaskan.

BAB III

ASPEK PENDUKUNG

3.1 ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN
a) PRODUK / JASA YANG DIHASILKAN

KEUNGGULAN YANG DIMILIKI
Produk yang kami jual adalah pelayanan kesehatan yang diberikan pada masyarakat. Keunggulan klinik dhani adalah pelayanan kesehatan dilakukan oleh Perawat yang profesional dan memiliki Surat Ijin Praktek yang bekerja pada jam praktek.
b)  GAMBARAN PASAR
DATA PENGHASILAN PASIEN BERKUNJUNG (1 – 5 TAHUN YANG AKAN DATANG)
Penurunan atau kenaikan pasien yang berkunjung biasanya disebabkan oleh cuaca, hari biasa/ hari keagamaan, dll. Dan biasanya kenaikan jumlah pasien yang berkunjung terjadi pada hari raya keagamaan, hal ini terjadi karena arus mudik. Selain itu perubahan cuaca yang terjadi juga menyebabkan kondisi kesehatan masyarakat bisa terganggu dan akan menimbulkan luka.
KEGIATAN PEMASARAN DAN PROMOSI YANG AKAN DILAKUKAN
PERSONAL SELLING
Personal selling adalah interaksi antar individu, saling bertemu, muka yang ditujukan untuk menciptakan, memperbaiki, menguasai dan mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pihak lain. Di klinik dhanni, kami melakukan personal selling dengan cara pelayanan yang diberikan perawat kepada pasien dilakukan semaksimal mungkin dan menggunakan bahasa komunikasi yang santun dan ramah tamah. Selain itu pasien selalu diberi kontrak agar kembali berobat di klinik apabila luka yang diderita belum sembuh atau obat yang dikonsumsi habis, dan juga apabila akan dirujuk ke rumah sakit. Dan hasilnya sebagian pasien banyak yang kembali berobat di klinik dhanni
BROSUR
Kami telah membuat brosur yang berisi ajakan pada masyarakat agar berobat di klinik dhanni selain itu kita juga memasang papan nama klinik perawatan luka  di depan klinik dan juga kami mencetak plastik pembungkus obat yang diberi nama klinik kami, dan hasilnya banyak yang berkunjung ke klinik perawatan luka
FASILITAS
Fasilitas yang akan kami dirikan guna mendukung kemajuan balai pengobatan ini adalah sistem pendaftaran yang diatur menggunakan sistem komputerisasi, sehingga pasien yang sudah terdaftar data kami simpan untuk riwayat kesehatan. Selain itu, kami merencanakan area bermain anak-anak sebagai media penghibur bagi pasien yang berkunjung ke klinik perawatan luka dhanni
c)    TARGET ATAU SEGMEN PASAR YANG DITUJU
Target utama yang dituju adalah masyarakat yang berada disekitar lingkungan klinik perawatan luka di berlian jaya
d)    PROYEKSI KUNJUNGAN PASIEN
Diperkirakan dari bulan pertama sampai bulan ke-12 akan selalu mengalami peningkatan pendapatan, pertama karena nama balai pengobatan yang mulai terkenal, selanjutnya karena kebutuhan masyarakat akan kesehatan yang semakin meningkat, dll.
e). STRATEGI PEMASARAN
•  Dengan memasang sepanduk di tempat – tempat umum yang setrategis.
•  Bekerja sama dengan kelompok PKK di setiap desa untuk mempromosikan        ke masyarakat
•  Melakukan kunjungan rumah guna melihat perkembangan pasien yang pernah berobat
•   Memberikan sofenir buat masyarakat yang berobat
•   Ruangan menggunakan pendingin Ac
•   Area klinik menggunakan fasilitas free wifi, agar warga pedesaan pun mampu mengakses internet.
• Bekerja sama dengan tukang ojek yang mengantarkan pasien dengan memberikan komisi sebesar Rp. 5000 / pasien yang diantarkan.
•   Pendataan pasien menggunakan sistem komputerisasi


BAB IV
RENCANA BIAYA
4.1    RENCANA BIAYA USAHA
Rencana biaya yang akan kami lakukan adalah sebagai berikut:
Biaya Investasi
1.   Tempat Usaha
Rehabilitasi Bangunan Luas 60 m2                             Rp 5.000.000
2.      Peralatan
a.       Peralatan Administrasi
No
Uraian
Volume
Satuan
Harga/ sat
Jumlah
1
Meja tulis
2
Bh
Rp 375.000
Rp 750.000
2
Kursi 
2
Bh
Rp 300.000
Rp 600.000
3
Almari
1
Bh
Rp 1.250.000
Rp 1.250.000
TOTAL
Rp 3.600.000

b.      Peralatan kerja
No
Uraian
Vol
Sat
Harga/ sat
Jumlah
1
Bed pasien
1
Bh
Rp 5.000.000
Rp 5.000.000
2
Kursi 
10
Bh
Rp 300.000
Rp 3.000.000
3
Meja
1
Bh
Rp 250.000
Rp 2.50.000
5
Komputer
1
Bh
Rp 4.000.000
Rp 4.000.000
4
Etalase
1
Bh
Rp 1.000.000
Rp 1.000.000
7
Set Medikasi
5
Bh
Rp  2.000.000
Rp 10.000.000
8
Stetoskop
5
Bh
Rp 80.000
Rp 400.000
9
Spignomanometer
5
Bh
Rp 200.000
Rp 1.000.000
12
Timbangan badan
1
Bh
Rp 50.000
Rp 50.000
TOTAL
Rp 24.700.000

JUMLAH BIAYA INVESTASI (peralatan)                                     Rp 28.300.000


3.      Bahan Habis Pakai/ bulan
No
Bahan
Vol
Sat
Harga/ sat
Jumlah
1
Betadin
10
lt
Rp 150.000
Rp 1.500.000
2
Alkohol
10
lt
Rp 75.000
Rp 750.000
3
Plester
5
gulung
Rp 45.000
Rp 225.000
4
Kassa
3
gulung
Rp 50.000
Rp 150.000
5
NaCl
3
dus
Rp 120.000
Rp 360.000
6
Kapas
1
gulung
Rp 25.000
Rp 25.000
7
Hibi-Scrube
10
botol
Rp 25.000
Rp 250.000
8
Handscoon
5
dus
Rp 46.000
Rp 230.000
9
Obat-obatan



Rp 500.000
TOTAL
Rp 3.990.000

4.      Biaya Operasi
a.       Kebutuhan biaya operasional/ bulan
No
Uraian
Vol
Satuan
Harga/sat
Jumlah
1
Rekening listrik



Rp 150.000
3
PDAM



Rp 500.000
TOTAL
Rp 650.000

b.      Gaji dan Upah Kerja/ bulan
No
Uraian
Vol
Satuan
Harga/sat
Jumlah
1
Medis
5
Orang
Rp 1.000.000
Rp 5.000.000
2
Non medis
1
Orang
Rp 500.000
Rp 500.000
3





TOTAL
Rp 5.500.000
JUMLAH BIAYA PRODUKSI PERHARI                                   Rp 133.000    
JUMLAH BIAYA PRODUKSI PERBULAN                               Rp 3.990.000
BIAYA INVESTASI USAHA AWAL                                                         Rp 33.300.000
BIAYA CADANGAN OPERASIONAL                                        Rp 2.577.000
JUMLAH TOTAL BIAYA USAHA                                                           Rp 40.000.000

5.       Titik Impas Produksi
Biaya pemasukan/ bulan Perawatan Luka/ hari                                  Rp   500.000
Perawatan Luka/ bulan Rp 500.000 x 30        =                                  Rp 15.000.000
Tarif rata-rata kunjungan  Rp 15.000.000 : 40 kali  =             Rp   375.000  
Jumlah titik impas produksi : Rp 40.000.000 : Rp 375.000 =107 kunjungan
6.      Rencana Aliran Kas
Uraian Transaksi
Persiapan
Bulan 1
Bulan 2
Bulan 3
Kas awal bulan
Rp 40.000.000
Rp 6.000.000
Rp 6.500.000
Rp8.000.000
Jmlh kunjungan

30
40
50
Nilai penjualan

Rp 11.250.000
Rp12.100.000
Rp 13.250.000
Jumlah Pemasukan
Rp40.000.000
Rp17.250.000

Rp18.600.000
Rp 21.250.000
Pembelian peralatan kerja dan kantor
Rp 28.300.000



Pembelian bahan habis pakai
Rp 3.990.000
Rp 3.990.000
Rp 3.990.000
Rp 3.990.000
Biaya operasional
Rp 650.000
Rp 650.000
Rp 650.000
Rp 650.000
Gaji dan upah
Rp 5.500.000
Rp 5.500.000
Rp 5.500.000
Rp 5.500.000
Jumlah Pengeluaran
Rp38.440.000
Rp10.140.000
Rp10.140.000
Rp 10.140.000
Saldo Akhir Bulan
Rp 1.560.000
Rp 7.110.000
Rp 8.460.000
Rp 11.110.000
42   RANCANGAN PENGEMBANGAN DAN INVESTASI
Keuntungan yang diperoleh  dari usaha adalah:
Uraian
Bulan 1
Bulan 2
Bulan 3
Hasil Penjualan
Rp 11.250.000
Rp 12.100.000
Rp 13.250.000
Biaya Pengeluaran
Rp 10.140.000
Rp 10.140.000
Rp 10.140.000
Keuntungan
Rp 1.110.000
Rp 1.960.000
Rp 3.110.000
Keuntungan tersebut akan digunakan untuk:
Pengembalian modal 30 %
Rp 333.000
Rp 588.000
Rp 933.000
Pengembangan usaha 30 %
Rp 333.000
Rp 588.000
Rp 933.000
Tabungan 40 %
Rp 444.000
Rp 784.000
Rp 1.244.000




4.3 TARIF
NO
URAIAN
TARIF
1
Perawatan Luka Kotor
a.       Kecil
b.      Sedang
c.       Besar

Rp 30.000
Rp 50.000
Rp 60.000
2
Perawatan Luka Bersih
a.       Kecil
b.      Sedang
c.       Besar

Rp 20.000
Rp 30.000
Rp 50.000
3
Perawatan Luka Gangren
a.       Kecil
b.      Sedang
c.       Besar

Rp 50.000
Rp 75.000
Rp 100.000



BAB V
PENUTUP

Harapan saya untuk “Mendirikan klinik perawatan luka” ialah supaya kegiatan bisa lebih berkembang dan maju.
Demikian Proposal ini kami buat Besar harapan kami agar dapat didirikannya klinik perawatan luka.
Atas perhatian dan kerjasama serta kesadarannya, kami ucapkan Terima Kasih.








Komentar

  1. Merkur Casino Review for 2021 | Pros and Cons + Pros
    Merkur Casino งานออนไลน์ is a reputable online https://septcasino.com/review/merit-casino/ casino with more than 1000 games. casinosites.one This casino features over 1400 games jancasino including classics like apr casino

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer