Proposal perawatan luka
KATA
PENGANTAR
Puji syukur penulis
ucapkan kepada kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, Karena dengan rahmat dan
Karunia-Nyalah penulis dapat menjelaskan proposal
pembuatan klinik ” Perawatan Luka“ yang akan segera saya
bangun.
Proposal ini saya
buat untuk menggambarkan alasan dari saya membangun klinik” Perawatan Luka“
dan program-program yang akan saya buat dalam klinik ” Perawatan Luka“. Dengan adanya
proposal ini saya berharap supaya anda sekalian dapat memberi masukan terhadap pembangun
klinik” Perawatan Luka“.
Sehingga pada akhirnya pembangunan klinik ini dapat terlaksana.
Karena adanya keterbatasan pengetahuan-pengetahuan dan saya
menyadari bahwa dalam proposal ini terdapat banyak kekurangan, Oleh karena itu saya menerima
kritik dan saran demi kesempurnaan pembangunan klinik saya. Harapan saya,
semoga dengan adanya proposal ini saudara-saudari dapat membantu dan mendukung
saya dalam mewujudkan yang kita harapkan selama ini.
Palembang 04 Januari 2016
Penulis
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR....................................................................................................ii
DAFTAR
ISI.................................................................................................................iii
BAB I PENDAHULUAN ..............................................................................................1
1.1 LATAR BELAKANG .............................................................................................1
1.2 DASAR PEMIKIRAN .............................................................................................1
1.3 TUJUAN KEGIATAN ............................................................................................1
BAB II METODE PELAKSANAAN ...........................................................................2
2.1 TEMPAT PELAYANAN ........................................................................................2
2.2 PROSES PELAYANAN .........................................................................................2
2.3 PEMASARAN .........................................................................................................2
BAB
III ASPEK PENDUKUNG ..................................................................................3
3.1 (ANALISIS
PASAR DAN PEMASARAN ) PRODUK / JASA YANG DIHASILKAN................. ...............................................................................................................3
BAB IV RENCANA BIAYA........................................................................................5
4.1 RENCANA BIAYA
USAHA.................................................................................5
4.2 RANCANGAN
PENGEMBANGAN.....................................................................7
4.3
TARIF......................................................................................................................8
BAB V
PENUTUP........................................................................................................9
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Luka adalah rusaknya kesatuan
atau komponen jaringan, dimana secara spesifik terdapat substansi jaringan yang
rusak. Untuk itu diperlukan suatu lembaga atau balai yang bisa menangani
pelayanan di bidang perawatan luka.
Saat ini masih masyarakat
menghadapi banyak permasalahan di bidang luka dari mulai luka yang ringan
hingga luka yang serius. Masyarakat di daerah inipun juga sadar akan pentingnya
perawatan luka itu sehingga memerlukan tempat pelayanan perawatan luka, namun
sayangnya di daerah ini belum terdapat tempat pelayanan perawatan luka yang
mudah di jangkau. Apabila masyarakat ingin berobat lukanya warga harus menempuh
jarak yang yang agak jauh dari tempat tinggal mereka. Jarak ini terkadang
membuat warga menjadi acuh akan lukanya, jika lukanya sudah benar benar sakit
yang tidak bisa mereka tahan lagi baru masyarakat pergi ke tempat pelayanan
kesehatan.
Oleh karena itu saya ingin
membangun suatu tempat perawatan luka yang lebih mudah dijangkau oleh warga
sehingga warga dapat lebih mudah menjangkau tempat perawatan luka dan
diharapkan warga dapat mencegah kemungkinan luka menjadi lebih parah . Tingkat
kesehatan warga akan meningkat dan seiring dengan itu kesejahteraan juga akan
meningkat pula.
1.2 DASAR PEMIKIRAN
Saat ini banyak kasus atau
penyakit yang memerlukan perawatan luka sehingga mereka perlu perawatan secara
kontinu yang mudah dijangkau, tingkat kesadaran masyarakat tentang pentingnya
kesehatan mulai meningkat. Kami memiliki pengalaman dalam melakukan perawatan
luka (medikasi)
1.3 TUJUAN KEGIATAN
Tujuan dari didirikannya usaha
mandiri Jasa Perawatan luka ini adalah :
1. Untuk mensejahterakan kesehatan masyarakat sekitar.
2. Untuk menerapkan ilmu pengetahuan dalam bidang kesehatan.
3. Untuk menciptakan lapangan pekerjaan khususnya untuk tenaga medis.
BAB II
METODE PELAKSANAAN
2.1 TEMPAT
PELAYANAN
Tempat pelayanan yang digunakan adalah bangunan
milik sendiri yang terletak di RT 01 RW 01 Desa Berlian Jaya Kecamatan Tungkal Jaya
Kabupaten Musi Banyuasin. Tempat pelayanan kami ini stategis dan mudah
dijangkau dan diakses kendaraan pasien. Luas banguan yang disediakan adalah 6 m
x 10 m, yang terdiri dari tiga ruangan. Ruangan I seluas 3 m x 4 m untuk tempat
pendaftaran dan administrasi, ruangan II seluas 6 m x 7 m untuk tempat perawatan
luka, dan 2 m x 3 m untuk tempat sterilisasi alat.
2.2 PROSES PELAYANAN
Proses pelayanan yang kami berikan, sebagai berikut
:
1. Kontrak pasien dengan pihak Jasa perawatan luka, melalui
a.
On Call
b.
Kontrak langsung atau bertemu langsung
di klinik jasa Perawatan Luka
2. Pelaksanaan
a.
Klinik
1. Melakukan registrasi di tempat pendaftaran
2. Melakukan perawatan luka
b. Perawatan luka
1. Mengunjungi tempat yang telah disepakati dengan pasien
2. Melakukan perawatan luka
3. Administrasi
2.3 PEMASARAN
Segmen jasa yang dibidik untuk
sementara waktu 1 bulan ke depan adalah masyarakat sekitar klinik. Diperkirakan
dengan jumlah penduduk 200 jiwa, 20% nya adalah pasien dengan kasus bedah
maupun umum yang memerlukan perawatan luka secara kontinu. Maka akan ada
sasaran bidik sejumlah 40 jiwa. Strategi pelayanan yang diberikan adalah
kualitas pelayanan yang baik dengan 5 S ( Senyum, Sapa , Salam, Sopan, Santun
), sarana dan prasarana yang lengkap dan pelayanan yang memuaskan.
BAB III
ASPEK PENDUKUNG
3.1 ANALISIS
PASAR DAN PEMASARAN
a) PRODUK / JASA YANG DIHASILKAN
KEUNGGULAN
YANG DIMILIKI
Produk yang kami jual adalah pelayanan kesehatan yang diberikan pada masyarakat. Keunggulan klinik dhani adalah pelayanan kesehatan dilakukan oleh Perawat yang profesional dan memiliki Surat Ijin Praktek yang bekerja pada jam praktek.
Produk yang kami jual adalah pelayanan kesehatan yang diberikan pada masyarakat. Keunggulan klinik dhani adalah pelayanan kesehatan dilakukan oleh Perawat yang profesional dan memiliki Surat Ijin Praktek yang bekerja pada jam praktek.
b) GAMBARAN
PASAR
DATA
PENGHASILAN PASIEN BERKUNJUNG (1 – 5 TAHUN YANG AKAN DATANG)
Penurunan atau kenaikan pasien yang berkunjung biasanya disebabkan oleh cuaca, hari biasa/ hari keagamaan, dll. Dan biasanya kenaikan jumlah pasien yang berkunjung terjadi pada hari raya keagamaan, hal ini terjadi karena arus mudik. Selain itu perubahan cuaca yang terjadi juga menyebabkan kondisi kesehatan masyarakat bisa terganggu dan akan menimbulkan luka.
Penurunan atau kenaikan pasien yang berkunjung biasanya disebabkan oleh cuaca, hari biasa/ hari keagamaan, dll. Dan biasanya kenaikan jumlah pasien yang berkunjung terjadi pada hari raya keagamaan, hal ini terjadi karena arus mudik. Selain itu perubahan cuaca yang terjadi juga menyebabkan kondisi kesehatan masyarakat bisa terganggu dan akan menimbulkan luka.
KEGIATAN
PEMASARAN DAN PROMOSI YANG AKAN DILAKUKAN
PERSONAL SELLING
Personal selling adalah interaksi antar individu, saling bertemu, muka yang ditujukan untuk menciptakan, memperbaiki, menguasai dan mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pihak lain. Di klinik dhanni, kami melakukan personal selling dengan cara pelayanan yang diberikan perawat kepada pasien dilakukan semaksimal mungkin dan menggunakan bahasa komunikasi yang santun dan ramah tamah. Selain itu pasien selalu diberi kontrak agar kembali berobat di klinik apabila luka yang diderita belum sembuh atau obat yang dikonsumsi habis, dan juga apabila akan dirujuk ke rumah sakit. Dan hasilnya sebagian pasien banyak yang kembali berobat di klinik dhanni
PERSONAL SELLING
Personal selling adalah interaksi antar individu, saling bertemu, muka yang ditujukan untuk menciptakan, memperbaiki, menguasai dan mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pihak lain. Di klinik dhanni, kami melakukan personal selling dengan cara pelayanan yang diberikan perawat kepada pasien dilakukan semaksimal mungkin dan menggunakan bahasa komunikasi yang santun dan ramah tamah. Selain itu pasien selalu diberi kontrak agar kembali berobat di klinik apabila luka yang diderita belum sembuh atau obat yang dikonsumsi habis, dan juga apabila akan dirujuk ke rumah sakit. Dan hasilnya sebagian pasien banyak yang kembali berobat di klinik dhanni
BROSUR
Kami telah membuat brosur yang berisi ajakan pada masyarakat agar berobat di klinik dhanni selain itu kita juga memasang papan nama klinik perawatan luka di depan klinik dan juga kami mencetak plastik pembungkus obat yang diberi nama klinik kami, dan hasilnya banyak yang berkunjung ke klinik perawatan luka
Kami telah membuat brosur yang berisi ajakan pada masyarakat agar berobat di klinik dhanni selain itu kita juga memasang papan nama klinik perawatan luka di depan klinik dan juga kami mencetak plastik pembungkus obat yang diberi nama klinik kami, dan hasilnya banyak yang berkunjung ke klinik perawatan luka
FASILITAS
Fasilitas yang akan kami dirikan guna mendukung kemajuan balai pengobatan ini adalah sistem pendaftaran yang diatur menggunakan sistem komputerisasi, sehingga pasien yang sudah terdaftar data kami simpan untuk riwayat kesehatan. Selain itu, kami merencanakan area bermain anak-anak sebagai media penghibur bagi pasien yang berkunjung ke klinik perawatan luka dhanni
Fasilitas yang akan kami dirikan guna mendukung kemajuan balai pengobatan ini adalah sistem pendaftaran yang diatur menggunakan sistem komputerisasi, sehingga pasien yang sudah terdaftar data kami simpan untuk riwayat kesehatan. Selain itu, kami merencanakan area bermain anak-anak sebagai media penghibur bagi pasien yang berkunjung ke klinik perawatan luka dhanni
c)
TARGET ATAU SEGMEN PASAR YANG DITUJU
Target utama yang dituju adalah masyarakat yang berada disekitar lingkungan klinik perawatan luka di berlian jaya
d) PROYEKSI KUNJUNGAN PASIEN
Diperkirakan dari bulan pertama sampai bulan ke-12 akan selalu mengalami peningkatan pendapatan, pertama karena nama balai pengobatan yang mulai terkenal, selanjutnya karena kebutuhan masyarakat akan kesehatan yang semakin meningkat, dll.
e). STRATEGI PEMASARAN
• Dengan memasang sepanduk di tempat – tempat umum yang setrategis.
• Bekerja sama dengan kelompok PKK di setiap desa untuk mempromosikan ke masyarakat
• Melakukan kunjungan rumah guna melihat perkembangan pasien yang pernah berobat
• Memberikan sofenir buat masyarakat yang berobat
• Ruangan menggunakan pendingin Ac
• Area klinik menggunakan fasilitas free wifi, agar warga pedesaan pun mampu mengakses internet.
• Bekerja sama dengan tukang ojek yang mengantarkan pasien dengan memberikan komisi sebesar Rp. 5000 / pasien yang diantarkan.
• Pendataan pasien menggunakan sistem komputerisasi
Target utama yang dituju adalah masyarakat yang berada disekitar lingkungan klinik perawatan luka di berlian jaya
d) PROYEKSI KUNJUNGAN PASIEN
Diperkirakan dari bulan pertama sampai bulan ke-12 akan selalu mengalami peningkatan pendapatan, pertama karena nama balai pengobatan yang mulai terkenal, selanjutnya karena kebutuhan masyarakat akan kesehatan yang semakin meningkat, dll.
e). STRATEGI PEMASARAN
• Dengan memasang sepanduk di tempat – tempat umum yang setrategis.
• Bekerja sama dengan kelompok PKK di setiap desa untuk mempromosikan ke masyarakat
• Melakukan kunjungan rumah guna melihat perkembangan pasien yang pernah berobat
• Memberikan sofenir buat masyarakat yang berobat
• Ruangan menggunakan pendingin Ac
• Area klinik menggunakan fasilitas free wifi, agar warga pedesaan pun mampu mengakses internet.
• Bekerja sama dengan tukang ojek yang mengantarkan pasien dengan memberikan komisi sebesar Rp. 5000 / pasien yang diantarkan.
• Pendataan pasien menggunakan sistem komputerisasi
BAB IV
RENCANA BIAYA
4.1
RENCANA BIAYA USAHA
Rencana
biaya yang akan kami lakukan adalah sebagai berikut:
Biaya Investasi
1. Tempat Usaha
Rehabilitasi
Bangunan Luas 60 m2 Rp 5.000.000
2.
Peralatan
a.
Peralatan Administrasi
No
|
Uraian
|
Volume
|
Satuan
|
Harga/ sat
|
Jumlah
|
1
|
Meja tulis
|
2
|
Bh
|
Rp 375.000
|
Rp 750.000
|
2
|
Kursi
|
2
|
Bh
|
Rp 300.000
|
Rp 600.000
|
3
|
Almari
|
1
|
Bh
|
Rp 1.250.000
|
Rp 1.250.000
|
TOTAL
|
Rp 3.600.000
|
b.
Peralatan kerja
No
|
Uraian
|
Vol
|
Sat
|
Harga/ sat
|
Jumlah
|
1
|
Bed pasien
|
1
|
Bh
|
Rp 5.000.000
|
Rp 5.000.000
|
2
|
Kursi
|
10
|
Bh
|
Rp 300.000
|
Rp 3.000.000
|
3
|
Meja
|
1
|
Bh
|
Rp 250.000
|
Rp 2.50.000
|
5
|
Komputer
|
1
|
Bh
|
Rp 4.000.000
|
Rp 4.000.000
|
4
|
Etalase
|
1
|
Bh
|
Rp 1.000.000
|
Rp 1.000.000
|
7
|
Set Medikasi
|
5
|
Bh
|
Rp 2.000.000
|
Rp 10.000.000
|
8
|
Stetoskop
|
5
|
Bh
|
Rp 80.000
|
Rp 400.000
|
9
|
Spignomanometer
|
5
|
Bh
|
Rp 200.000
|
Rp 1.000.000
|
12
|
Timbangan badan
|
1
|
Bh
|
Rp 50.000
|
Rp 50.000
|
TOTAL
|
Rp 24.700.000
|
JUMLAH BIAYA INVESTASI (peralatan) Rp 28.300.000
3.
Bahan Habis Pakai/ bulan
No
|
Bahan
|
Vol
|
Sat
|
Harga/ sat
|
Jumlah
|
1
|
Betadin
|
10
|
lt
|
Rp 150.000
|
Rp 1.500.000
|
2
|
Alkohol
|
10
|
lt
|
Rp 75.000
|
Rp 750.000
|
3
|
Plester
|
5
|
gulung
|
Rp 45.000
|
Rp 225.000
|
4
|
Kassa
|
3
|
gulung
|
Rp 50.000
|
Rp 150.000
|
5
|
NaCl
|
3
|
dus
|
Rp 120.000
|
Rp 360.000
|
6
|
Kapas
|
1
|
gulung
|
Rp 25.000
|
Rp 25.000
|
7
|
Hibi-Scrube
|
10
|
botol
|
Rp 25.000
|
Rp 250.000
|
8
|
Handscoon
|
5
|
dus
|
Rp 46.000
|
Rp 230.000
|
9
|
Obat-obatan
|
|
|
|
Rp 500.000
|
TOTAL
|
Rp 3.990.000
|
4.
Biaya Operasi
a.
Kebutuhan biaya operasional/ bulan
No
|
Uraian
|
Vol
|
Satuan
|
Harga/sat
|
Jumlah
|
1
|
Rekening listrik
|
|
|
|
Rp 150.000
|
3
|
PDAM
|
|
|
|
Rp 500.000
|
TOTAL
|
Rp 650.000
|
b.
Gaji dan Upah Kerja/ bulan
No
|
Uraian
|
Vol
|
Satuan
|
Harga/sat
|
Jumlah
|
1
|
Medis
|
5
|
Orang
|
Rp 1.000.000
|
Rp 5.000.000
|
2
|
Non medis
|
1
|
Orang
|
Rp 500.000
|
Rp 500.000
|
3
|
|
|
|
|
|
TOTAL
|
Rp 5.500.000
|
JUMLAH BIAYA PRODUKSI PERHARI Rp
133.000
JUMLAH
BIAYA PRODUKSI PERBULAN Rp 3.990.000
BIAYA
INVESTASI USAHA AWAL Rp 33.300.000
BIAYA
CADANGAN OPERASIONAL Rp 2.577.000
JUMLAH
TOTAL BIAYA USAHA Rp 40.000.000
5.
Titik Impas Produksi
Biaya pemasukan/ bulan Perawatan Luka/ hari Rp 500.000
Perawatan Luka/ bulan Rp 500.000 x
30 = Rp
15.000.000
Tarif
rata-rata kunjungan Rp 15.000.000 : 40 kali = Rp 375.000
Jumlah
titik impas produksi : Rp
40.000.000 : Rp 375.000 =107 kunjungan
6.
Rencana Aliran Kas
Uraian Transaksi
|
Persiapan
|
Bulan 1
|
Bulan 2
|
Bulan 3
|
Kas
awal bulan
|
Rp
40.000.000
|
Rp
6.000.000
|
Rp
6.500.000
|
Rp8.000.000
|
Jmlh kunjungan
|
|
30
|
40
|
50
|
Nilai
penjualan
|
|
Rp
11.250.000
|
Rp12.100.000
|
Rp
13.250.000
|
Jumlah Pemasukan
|
Rp40.000.000
|
Rp17.250.000
|
Rp18.600.000
|
Rp 21.250.000
|
Pembelian
peralatan kerja dan kantor
|
Rp
28.300.000
|
|
|
|
Pembelian
bahan habis pakai
|
Rp
3.990.000
|
Rp
3.990.000
|
Rp
3.990.000
|
Rp
3.990.000
|
Biaya
operasional
|
Rp
650.000
|
Rp
650.000
|
Rp
650.000
|
Rp
650.000
|
Gaji
dan upah
|
Rp
5.500.000
|
Rp
5.500.000
|
Rp
5.500.000
|
Rp
5.500.000
|
Jumlah
Pengeluaran
|
Rp38.440.000
|
Rp10.140.000
|
Rp10.140.000
|
Rp 10.140.000
|
Saldo
Akhir Bulan
|
Rp
1.560.000
|
Rp
7.110.000
|
Rp
8.460.000
|
Rp
11.110.000
|
4. 2 RANCANGAN PENGEMBANGAN
DAN INVESTASI
Keuntungan
yang diperoleh dari usaha adalah:
Uraian
|
Bulan 1
|
Bulan 2
|
Bulan 3
|
Hasil Penjualan
|
Rp 11.250.000
|
Rp 12.100.000
|
Rp 13.250.000
|
Biaya Pengeluaran
|
Rp 10.140.000
|
Rp 10.140.000
|
Rp 10.140.000
|
Keuntungan
|
Rp 1.110.000
|
Rp 1.960.000
|
Rp 3.110.000
|
Keuntungan
tersebut akan digunakan untuk:
Pengembalian modal 30 %
|
Rp 333.000
|
Rp 588.000
|
Rp 933.000
|
Pengembangan usaha 30 %
|
Rp 333.000
|
Rp 588.000
|
Rp 933.000
|
Tabungan 40 %
|
Rp 444.000
|
Rp 784.000
|
Rp 1.244.000
|
4.3 TARIF
NO
|
URAIAN
|
TARIF
|
1
|
Perawatan Luka Kotor
a.
Kecil
b.
Sedang
c.
Besar
|
Rp 30.000
Rp 50.000
Rp 60.000
|
2
|
Perawatan Luka Bersih
a.
Kecil
b.
Sedang
c.
Besar
|
Rp 20.000
Rp 30.000
Rp 50.000
|
3
|
Perawatan Luka Gangren
a.
Kecil
b.
Sedang
c.
Besar
|
Rp 50.000
Rp 75.000
Rp 100.000
|
BAB V
PENUTUP
Harapan saya untuk “Mendirikan klinik perawatan luka”
ialah supaya kegiatan bisa lebih berkembang dan maju.
Demikian
Proposal ini kami buat Besar harapan kami agar dapat didirikannya klinik perawatan luka.
Atas
perhatian dan kerjasama serta kesadarannya, kami ucapkan Terima Kasih.
Merkur Casino Review for 2021 | Pros and Cons + Pros
BalasHapusMerkur Casino งานออนไลน์ is a reputable online https://septcasino.com/review/merit-casino/ casino with more than 1000 games. casinosites.one This casino features over 1400 games jancasino including classics like apr casino